PEDOMAN
PRAKTEK KERJA LAPANG/MAGANG
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2012
LATAR BELAKANG
Praktek Lapang/Magang merupakan suatu penugasan bagi mahasiswa untuk melaksanakan magang di Perusahaan atau Lembaga atau Instansi yang memiliki Standard Operational Precedure (SOP) dengan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan pertanian dalam arti luas, selama satu bulan penuh. Praktek Lapang/Magang bagi mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian merupakan kegiatan intrakurikuler yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang di perusahaan/lembaga atau instansi yang relevan. Praktek Lapang/Magang merupakan upaya peningkatan pemahaman, wawasan, keterampilan melakukan pekerjaan dan kemampuan managerial mahasiswa sebagai calon Sarjana Pertanian Fakultas Pertranian Universitas Bengkulu, guna merealisasikan kompetensi yang telah diperolehnya selama perkuliahan.
Kegiatan magang diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi maupun instansi tempat magang. Bagi mahasiswa manfaat magang meliputi 1) sebagai wahana untuk mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, 2) menambah wawasan mengenai dunia perusahaan dan/atau industri, 3) meningkatkan keterampilan serta keahlian terutama dibidang praktek. Bagi perguruan tinggi atau Universitas, kegiatan magang memberikan manfaat 1) terjalinnya kerjasama bilateral antara Universitas dengan Perusahaan, 2) dapat meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja magang, 3) Universitas akan dikenal di dunia perusahaan dan/atau industri. Sedangkan bagi perusahaan kegiatan magang juga memberikan manfaat antara lain; 1) terjalinnya kerjsama antara dunia pendidikan dengan dunia perusahaan/industri, sehingga perusahaan tersebut akan dikenal oleh kalangan akademis, 2) adanya masukan-masukan ataupun kritikan-kritikan yang membangun dari mahasiswa peserta magang untuk perbaikan perusahaan dimasa yang akan datang, 3) Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa peserta magang sebagai tanga bantuan dan 4) adanya tenaga yang mengaudit perusahaan, tanpa mengeluarkan biaya dengan adanya laporan-laporan magang yang diberikan kepada perusahaan.
TUJUAN MAGANG
Tujuan dilaksanakannya magang adalah:
1. Mahasiswa dapat merasakan secara langsung melakukan kegiatan pertanian pada suatu perusahaan atau industri.
2. Mahasiswa memperoleh pengalaman bekerja di perusahaan atau industri.
3. Mahasiswsa mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya dalam suatu perusahaan atau industri.
4. Mahasiswa mengetahui proses dan mekanisme kerja yang terdapat di perusahaanatau industri. Proses dan mekanisme kerja yang dimaksud adalah bagaimana menghasilkan produk, yang meliputi pengeloloaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia seperti tenaga kerja, kedisiplinan dan keselamatan kerja.
5. Mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan dengan pelaksanaan di lapangan.
6. Mahasiswa memperoleh pengetahuan praktis dari tempat magang.
7. Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh di perkuliahan ke dunia industri.
PERSYARATAN AKADEMIS
Mahasiswa dinyatakan dapat mengikuti kegiatan Praktek Lapang/Magang apabila:
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada tahun akademik berjalan di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
2. Telah lulus 100 Satuan Kredit Semester (SKS), yang dinyatakan dengan transkrip nilai yang disahkan oleh Dekan.
3. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak kurang dari 2.00
4. Tidak sedang menjalani sanksi akibat pelanggaran akademis tertentu.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup kegiatan yang tercakup dalam Praktek Lapang/Magang adalah:
1. Penentuan tempat magang
2. Kuliah Pembekalan
3. Pelaksanaan
5. Pembuatan laporan
5. Evaluasi (Ujian Akhir Praktek, Perbaikan Laporan, Penilaian Akhir)
Penunjukan Tempat Magang
Tata Cara penunjukan tempat magang dapat dilakukan melalui dua cara yaitu, 1) mahasiswa mencari sendiri tempat magang yang diinginkan dan 2) pihak Fakultas yang akan menentukan dan akan menghubungkan dengan pihak Perusahaan.
Mekanisme mahasiswa mencari sendiri tempat magang
1. Mahasiswa dapat mencari/menghubungi/mengurus sendiri rencana tempat magang secara informal. Satu lokasi magang ditetapkan minimal dapat mengakomodasi minimal 5 orang mahasiswa.
2. Setelah pihak perusahaan secara informal menyetujui permintaan mahasiswa, mahasiswa melaporkan kepada Program Studi.
3. Program Studi akan mengevaluasi kelayakan perusahaan/instansi yang dipilih oleh mahasiswa sebagai tempat magang.
4. Jika dinilai layak, Program Studi akan meminta Fakultas untuk mengirim surat permintaan resmi ke perusahaan/instansi yang dimaksud, yang dilengkapi dengan nama-nama mahasiswa calon peserta magang dan Dosen Pembimbing.
5. Perusahaan/instansi akan menjawab surat permintaan Dekan secara resmi. Jika perusahaan tersebut menerima, maka akan dilengkapi dengan persyaratan yang harus dilengkapi oleh mahasiswa calon peserta magang dan telah disiapkan atau menunjuk salah seorang staf perusahaan/instansi sebagai Pembimbing Lapang.
6. Mahasiswa di bawah bimbingan Dosen Pembimbing menyusun Kerangka Acuan Magang, yang akan disampaikan ke perusahaan/instansi tempat magang, sebelum pelaksanaan magang dimulai.
Mekanisme Fakultas yang menentukan tempat magang
Fakultas Pertanian akan menempatkan mahasiswa untuk magang terutama pada perusahaan/instansi yang telah memiliki kerjasama atau telah memiliki Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, atau pada unit usaha yang merupakan binaan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
KERANGKA ACUAN MAGANG (KAM)
Kerangka Acuan Magang (KAM) secara garis besar memuat:
1. Data umum mahasiswa yang meliputi nama lengkap, nomor mahasiswa, alamat rumah, nomor telepon rumah, nomor HP, nomor fax (jika ada), alamat email dan seterusnya.
2. Judul/Topik/Tema magang yang akan dilaksanakan (maksimal 40 kata).
3. Deskripsi singkat tentang kegiatan magang yang akan dilaksanakan (maksimal 500 kata)
4. Tanggal Mulai ke Lapangan
5. Perkiraan Tanggal Selesai
6. Tanda Tangan Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapang.
7. Garis Besar Rencana Kegiatan Selama Magang.
8. Lampiran
KULIAH PEMBEKALAN
1. Mahasiswa mendapatkan pengarahan teknis tentang pelaksanaan Praktek Kerja oleh Ketua Program Studi dan Dosen Koordinator Mata Kuliah Magang
2. Wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk ikut Praktek Lapang/Magang
3. Pemberangkatan mahasiswa peserta praktek lapang/magang dilakukan secara serentak dan dilepas secara resmi oleh KETUA PROGRAM STUDI
PELAKSANAAN MAGANG
1. Jangka waktu pelaksanaan magang selama 8 minggu, dengan waktu kerja 8 jam per hari selama 6 hari kerja per minggu.
2. Daftar Kegiatan Harian harus ditandatangani oleh Pembimbing Lapang setiap hari
3. Sangat diharapkan Dosen Pembimbing Magang di kampus dapat menjalin komunikasi dengan Pembimbing Lapang baik secara langsung atau melalui telepon dan/atau e-mail.
4. Kelalaian penulisan Kegiatan Harian berakibat pembatalan Magang
5. Apabila Mahasiswa melakukan hal-hal :
a) Absen/tidak hadir tanpa alasan jelas
b) Pelaksanaan di lapangan menyimpang jauh dari KAM dan tidak melaporkan kasus ini kepada Dosen Pembimbing Magang, yang menyebabkan Instansi/Perusahaan mengirimkan surat protes resmi yang dilampirkan bukti-bukti yang cukup. Maka hal tersebut merupakan pelanggaran akademis berat, dimana Dosen Pembimbing Magang dapat merekomendasikankegiatan magang di BATALKAN, dengan nilai setinggi-tingginya E (tidak Lulus)
6. Pada akhir masa magang, mahasiswa sangat dianjurkan untuk meminta surat keterangan pengalaman kerja yang resmi (referensi) dari Instansi/Perusahaan tempat magang.
7. Akhir pelaksanaan magang ditandai dengan Pembimbing Lapang mengisi Formulir Penilaian magang (Lampiran), untuk selanjutnya dikirim kembali ke Jurusan.
8. Pembuatan Laporan (Lihat: Pedoman Penyusunan Laporan Praktek Lapang/Magang)
Penilaian Praktek Lapang/Magang
1. Mahasiswa mendaftarkan diri ke jurusan untuk melaksanakan ujian magang komprehensif dengan menyerahkan laporan magang yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) untuk melaksanakan ujian.
2. Jurusan akan menugaskan dosen penguji dan menetapkan waktu dan tempat ujian.
3. Jurusan Budidaya Pertanian akan menunjuk Dosen Penguji untuk melakukan ujian komprehensif bagi mahasiswa peserta praktek lapang/magang yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Magang untuk ujian.
4. Ujian komprehensif dilaksanakan paling lambat 30 hari kegiatan magang berakhir.
5. Ujian komprehensif dalam satu kelompok dilakukan secara serentak (dalam hari yang sama). Mekanisme pengujiannya diserahkan sepenuhnya dengan kesepakatan tim penguji.
6. Segala keperluan ujian komprehensif (selain ruangan) disediakan oleh mahasiswa.
Lampiran 1. Daftar Kegiatan Harian
DAFTAR KEGIATAN HARIAN
Nama Instansi/Perusahaan : .........................................................
Nama Mahasiswa/NPM : ..........................................................
Nama Pembimbing Lapang : ..........................................................
No Tanggal Kegiatan Tanda Tangan Pembimbing Lapangan& Cap
1
2
3
4
.
.
.
60
............................................., 2013
Mengetahui
Pimpinan Perusahaan/Instansi,
(.......................................................)
Lampiran 2. Format Lembaran Penilaian Pembimbing Lapang
NILAI AKHIR LAPANGAN
Nama Mahasiswa : ......................................................................
Nomor Pokok Mahasiswa : .......................................................................
Judul Praktek Lapang/Magang : ..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
NILAI (Dengan Angka) : ................................................
No Aspek yang Dinilai Nilai (0-100) Bobot (%) Nilai Akhir
1 Sikap/Sopan Santun 10
2 Kedisiplinan 10
3 Kesungguhan 10
4 Kemampuan Bekerja Mandiri 10
5 Kemampuan Bekerja Sama 10
6 Ketelitian 10
7 Kemampuan Mengemukakan Pendapat 10
8 Kemampuan Menyerap Hal Baru 10
9 Inisiatif dan Kreatifitas 10
10 Kepuasan Pemberi Kerja Praktek 10
Total
.............................................., .................................2013
Pembimbing Lapang,
(...................................................)
Lampiran 3. Format Lembaran Penilaian Dosen Pembimbing Magang
NILAI UJIAN
Nama Mahasiswa : ......................................................................
Nomor Pokok Mahasiswa : .......................................................................
Judul Praktek Lapang/Magang : ..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
NILAI (Dengan Angka) : ...............................................
No Aspek yang Dinilai Nilai (0-100) Bobot (%) Nilai Akhir
1 Analisis Permasalahan 10
2 Metode Pelaksanaan Magang 10
3 Analisis Pemecahan Permasalahan 15
4 Penguasaan Situasi Tempat Magang 15
5 Kemampuan Menjawab Pertanyaan 25
6 Tutur Bahasa 5
7 Teknik Presentasi 5
8 Kesimpulan 15
Total
Bengkulu, ..............................., 2013
Penguji,
(........................................................)
Lampiran 4. Lampiran Format Lembaran Nilai Akhir Magang
NILAI AKHIR MAGANG
Nama Mahasiswa : ...........................................................
NPM : ...........................................................
Proram Studi : ............................................................
Jurusam : ............................................................
Judul Magang : ............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
NILAI : .......................(.......................)
No Komponen Penilaian Nilai (0-100) Bobot Penilaian Nilai Akhir
1. Bimbingan penyusunan laporan* 20 %
2 Nilai Lapangan 40 %
3 Nilai Ujian 40 %
Total
Bengkulu, .................................. 2013
Ketua Tim Penguji, Anggota Tim Penguji,
(..................................................) (.........................................)
NIP. .......................................... NIP. ...................................
Lampiran 5. Format Laporan Magang
LEMBAR PENGESAHAN
Judul : ditulis dengan huruf kapital
Oleh
Nama Mahasiswa
NIM: ……………
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Praktek Lapang/Magang yang dilaksanakan selama 60 hari dan telah dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal.......bulan.................tahun............
Dosen Pembimbing Lapang/ Dosen Undangan/
Penguji Penguji
(................................) (..........................................)
NIP. ............................... NIP. .......................................
Mengetahui: Dosen Pembimbing Magang/
Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Penguji
(......................................................) (…………………...........................…………)
NIP. NIP.
Lampiran 6. Sampul Lapopran Praktek Lapang/Magang
COVER LAPORAN PRAKTEK LAPANG/MAGANG
Judul : Ditulis dengan huruf kapital lengkap dengan lokasi magang
Oleh:
Nama Mahasiswa
NIM: …………..
Logo Universitas Bengkulu
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU
TAHUN
Lampiran 7. Format Isi Laporan Praktek Lapang/Magang
ISI LAPORAN PRAKTEK LAPANG/MAGANG
Halaman Pengesahan
Ringkasan
Kata pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
I. Pendahuluan
a. Latar Belakang
b. Tujuan
c. Manfaat
II. Gambaran Umum Tempat Magang
a. Sejarah Perusahaan
Latar belakang berdirinya perusahaan
Tujuan perusahaan
Visi dan Misi perusahaan
b. Struktur Organisasi
c. Sistem manajemen produksi
d. Sistem tata kelola tenaga kerja
III. Analisis Permasalahan
IV. Metode Magang
a. Waktu dan tempat
b. Tahapan pelakasanaan
c. Mekanisme pelaksanaan
V. Hasil Magang/Praktek Magang
VI. Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Ucapan terima kasih kepada instansi/perusahaan
Catatan:
1. Laporan diketik dengan menggunakan huruf Time New Roman, ukuran 12.
2. Menggunakan ukuran spasi 1.5
3. Ukuran kertas A4
4. Laporan disampul (jilid langsung, tidak pakai isolasi) dengan kertas Buffalo warna kuning.
PRAKTEK KERJA LAPANG/MAGANG
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS BENGKULU
2012
LATAR BELAKANG
Praktek Lapang/Magang merupakan suatu penugasan bagi mahasiswa untuk melaksanakan magang di Perusahaan atau Lembaga atau Instansi yang memiliki Standard Operational Precedure (SOP) dengan aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan pertanian dalam arti luas, selama satu bulan penuh. Praktek Lapang/Magang bagi mahasiswa Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian merupakan kegiatan intrakurikuler yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan kegiatan magang di perusahaan/lembaga atau instansi yang relevan. Praktek Lapang/Magang merupakan upaya peningkatan pemahaman, wawasan, keterampilan melakukan pekerjaan dan kemampuan managerial mahasiswa sebagai calon Sarjana Pertanian Fakultas Pertranian Universitas Bengkulu, guna merealisasikan kompetensi yang telah diperolehnya selama perkuliahan.
Kegiatan magang diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif baik bagi mahasiswa, perguruan tinggi maupun instansi tempat magang. Bagi mahasiswa manfaat magang meliputi 1) sebagai wahana untuk mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang diperoleh selama perkuliahan, 2) menambah wawasan mengenai dunia perusahaan dan/atau industri, 3) meningkatkan keterampilan serta keahlian terutama dibidang praktek. Bagi perguruan tinggi atau Universitas, kegiatan magang memberikan manfaat 1) terjalinnya kerjasama bilateral antara Universitas dengan Perusahaan, 2) dapat meningkatkan kualitas lulusan melalui pengalaman kerja magang, 3) Universitas akan dikenal di dunia perusahaan dan/atau industri. Sedangkan bagi perusahaan kegiatan magang juga memberikan manfaat antara lain; 1) terjalinnya kerjsama antara dunia pendidikan dengan dunia perusahaan/industri, sehingga perusahaan tersebut akan dikenal oleh kalangan akademis, 2) adanya masukan-masukan ataupun kritikan-kritikan yang membangun dari mahasiswa peserta magang untuk perbaikan perusahaan dimasa yang akan datang, 3) Perusahaan dapat memanfaatkan tenaga mahasiswa peserta magang sebagai tanga bantuan dan 4) adanya tenaga yang mengaudit perusahaan, tanpa mengeluarkan biaya dengan adanya laporan-laporan magang yang diberikan kepada perusahaan.
TUJUAN MAGANG
Tujuan dilaksanakannya magang adalah:
1. Mahasiswa dapat merasakan secara langsung melakukan kegiatan pertanian pada suatu perusahaan atau industri.
2. Mahasiswa memperoleh pengalaman bekerja di perusahaan atau industri.
3. Mahasiswsa mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya dalam suatu perusahaan atau industri.
4. Mahasiswa mengetahui proses dan mekanisme kerja yang terdapat di perusahaanatau industri. Proses dan mekanisme kerja yang dimaksud adalah bagaimana menghasilkan produk, yang meliputi pengeloloaan sumberdaya alam dan sumberdaya manusia seperti tenaga kerja, kedisiplinan dan keselamatan kerja.
5. Mahasiswa dapat membandingkan ilmu yang diperoleh di perkuliahan dengan pelaksanaan di lapangan.
6. Mahasiswa memperoleh pengetahuan praktis dari tempat magang.
7. Mahasiswa berkesempatan mengaplikasikan kemampuan praktik yang diperoleh di perkuliahan ke dunia industri.
PERSYARATAN AKADEMIS
Mahasiswa dinyatakan dapat mengikuti kegiatan Praktek Lapang/Magang apabila:
1. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif pada tahun akademik berjalan di Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
2. Telah lulus 100 Satuan Kredit Semester (SKS), yang dinyatakan dengan transkrip nilai yang disahkan oleh Dekan.
3. Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak kurang dari 2.00
4. Tidak sedang menjalani sanksi akibat pelanggaran akademis tertentu.
RUANG LINGKUP
Ruang lingkup kegiatan yang tercakup dalam Praktek Lapang/Magang adalah:
1. Penentuan tempat magang
2. Kuliah Pembekalan
3. Pelaksanaan
5. Pembuatan laporan
5. Evaluasi (Ujian Akhir Praktek, Perbaikan Laporan, Penilaian Akhir)
Penunjukan Tempat Magang
Tata Cara penunjukan tempat magang dapat dilakukan melalui dua cara yaitu, 1) mahasiswa mencari sendiri tempat magang yang diinginkan dan 2) pihak Fakultas yang akan menentukan dan akan menghubungkan dengan pihak Perusahaan.
Mekanisme mahasiswa mencari sendiri tempat magang
1. Mahasiswa dapat mencari/menghubungi/mengurus sendiri rencana tempat magang secara informal. Satu lokasi magang ditetapkan minimal dapat mengakomodasi minimal 5 orang mahasiswa.
2. Setelah pihak perusahaan secara informal menyetujui permintaan mahasiswa, mahasiswa melaporkan kepada Program Studi.
3. Program Studi akan mengevaluasi kelayakan perusahaan/instansi yang dipilih oleh mahasiswa sebagai tempat magang.
4. Jika dinilai layak, Program Studi akan meminta Fakultas untuk mengirim surat permintaan resmi ke perusahaan/instansi yang dimaksud, yang dilengkapi dengan nama-nama mahasiswa calon peserta magang dan Dosen Pembimbing.
5. Perusahaan/instansi akan menjawab surat permintaan Dekan secara resmi. Jika perusahaan tersebut menerima, maka akan dilengkapi dengan persyaratan yang harus dilengkapi oleh mahasiswa calon peserta magang dan telah disiapkan atau menunjuk salah seorang staf perusahaan/instansi sebagai Pembimbing Lapang.
6. Mahasiswa di bawah bimbingan Dosen Pembimbing menyusun Kerangka Acuan Magang, yang akan disampaikan ke perusahaan/instansi tempat magang, sebelum pelaksanaan magang dimulai.
Mekanisme Fakultas yang menentukan tempat magang
Fakultas Pertanian akan menempatkan mahasiswa untuk magang terutama pada perusahaan/instansi yang telah memiliki kerjasama atau telah memiliki Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, atau pada unit usaha yang merupakan binaan Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu.
KERANGKA ACUAN MAGANG (KAM)
Kerangka Acuan Magang (KAM) secara garis besar memuat:
1. Data umum mahasiswa yang meliputi nama lengkap, nomor mahasiswa, alamat rumah, nomor telepon rumah, nomor HP, nomor fax (jika ada), alamat email dan seterusnya.
2. Judul/Topik/Tema magang yang akan dilaksanakan (maksimal 40 kata).
3. Deskripsi singkat tentang kegiatan magang yang akan dilaksanakan (maksimal 500 kata)
4. Tanggal Mulai ke Lapangan
5. Perkiraan Tanggal Selesai
6. Tanda Tangan Dosen Pembimbing dan Pembimbing Lapang.
7. Garis Besar Rencana Kegiatan Selama Magang.
8. Lampiran
KULIAH PEMBEKALAN
1. Mahasiswa mendapatkan pengarahan teknis tentang pelaksanaan Praktek Kerja oleh Ketua Program Studi dan Dosen Koordinator Mata Kuliah Magang
2. Wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa yang telah memenuhi syarat untuk ikut Praktek Lapang/Magang
3. Pemberangkatan mahasiswa peserta praktek lapang/magang dilakukan secara serentak dan dilepas secara resmi oleh KETUA PROGRAM STUDI
PELAKSANAAN MAGANG
1. Jangka waktu pelaksanaan magang selama 8 minggu, dengan waktu kerja 8 jam per hari selama 6 hari kerja per minggu.
2. Daftar Kegiatan Harian harus ditandatangani oleh Pembimbing Lapang setiap hari
3. Sangat diharapkan Dosen Pembimbing Magang di kampus dapat menjalin komunikasi dengan Pembimbing Lapang baik secara langsung atau melalui telepon dan/atau e-mail.
4. Kelalaian penulisan Kegiatan Harian berakibat pembatalan Magang
5. Apabila Mahasiswa melakukan hal-hal :
a) Absen/tidak hadir tanpa alasan jelas
b) Pelaksanaan di lapangan menyimpang jauh dari KAM dan tidak melaporkan kasus ini kepada Dosen Pembimbing Magang, yang menyebabkan Instansi/Perusahaan mengirimkan surat protes resmi yang dilampirkan bukti-bukti yang cukup. Maka hal tersebut merupakan pelanggaran akademis berat, dimana Dosen Pembimbing Magang dapat merekomendasikankegiatan magang di BATALKAN, dengan nilai setinggi-tingginya E (tidak Lulus)
6. Pada akhir masa magang, mahasiswa sangat dianjurkan untuk meminta surat keterangan pengalaman kerja yang resmi (referensi) dari Instansi/Perusahaan tempat magang.
7. Akhir pelaksanaan magang ditandai dengan Pembimbing Lapang mengisi Formulir Penilaian magang (Lampiran), untuk selanjutnya dikirim kembali ke Jurusan.
8. Pembuatan Laporan (Lihat: Pedoman Penyusunan Laporan Praktek Lapang/Magang)
Penilaian Praktek Lapang/Magang
1. Mahasiswa mendaftarkan diri ke jurusan untuk melaksanakan ujian magang komprehensif dengan menyerahkan laporan magang yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Magang (DPM) untuk melaksanakan ujian.
2. Jurusan akan menugaskan dosen penguji dan menetapkan waktu dan tempat ujian.
3. Jurusan Budidaya Pertanian akan menunjuk Dosen Penguji untuk melakukan ujian komprehensif bagi mahasiswa peserta praktek lapang/magang yang telah disetujui oleh Dosen Pembimbing Magang untuk ujian.
4. Ujian komprehensif dilaksanakan paling lambat 30 hari kegiatan magang berakhir.
5. Ujian komprehensif dalam satu kelompok dilakukan secara serentak (dalam hari yang sama). Mekanisme pengujiannya diserahkan sepenuhnya dengan kesepakatan tim penguji.
6. Segala keperluan ujian komprehensif (selain ruangan) disediakan oleh mahasiswa.
Lampiran 1. Daftar Kegiatan Harian
DAFTAR KEGIATAN HARIAN
Nama Instansi/Perusahaan : .........................................................
Nama Mahasiswa/NPM : ..........................................................
Nama Pembimbing Lapang : ..........................................................
No Tanggal Kegiatan Tanda Tangan Pembimbing Lapangan& Cap
1
2
3
4
.
.
.
60
............................................., 2013
Mengetahui
Pimpinan Perusahaan/Instansi,
(.......................................................)
Lampiran 2. Format Lembaran Penilaian Pembimbing Lapang
NILAI AKHIR LAPANGAN
Nama Mahasiswa : ......................................................................
Nomor Pokok Mahasiswa : .......................................................................
Judul Praktek Lapang/Magang : ..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
NILAI (Dengan Angka) : ................................................
No Aspek yang Dinilai Nilai (0-100) Bobot (%) Nilai Akhir
1 Sikap/Sopan Santun 10
2 Kedisiplinan 10
3 Kesungguhan 10
4 Kemampuan Bekerja Mandiri 10
5 Kemampuan Bekerja Sama 10
6 Ketelitian 10
7 Kemampuan Mengemukakan Pendapat 10
8 Kemampuan Menyerap Hal Baru 10
9 Inisiatif dan Kreatifitas 10
10 Kepuasan Pemberi Kerja Praktek 10
Total
.............................................., .................................2013
Pembimbing Lapang,
(...................................................)
Lampiran 3. Format Lembaran Penilaian Dosen Pembimbing Magang
NILAI UJIAN
Nama Mahasiswa : ......................................................................
Nomor Pokok Mahasiswa : .......................................................................
Judul Praktek Lapang/Magang : ..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
..........................................................................................
NILAI (Dengan Angka) : ...............................................
No Aspek yang Dinilai Nilai (0-100) Bobot (%) Nilai Akhir
1 Analisis Permasalahan 10
2 Metode Pelaksanaan Magang 10
3 Analisis Pemecahan Permasalahan 15
4 Penguasaan Situasi Tempat Magang 15
5 Kemampuan Menjawab Pertanyaan 25
6 Tutur Bahasa 5
7 Teknik Presentasi 5
8 Kesimpulan 15
Total
Bengkulu, ..............................., 2013
Penguji,
(........................................................)
Lampiran 4. Lampiran Format Lembaran Nilai Akhir Magang
NILAI AKHIR MAGANG
Nama Mahasiswa : ...........................................................
NPM : ...........................................................
Proram Studi : ............................................................
Jurusam : ............................................................
Judul Magang : ............................................................................................................................
............................................................................................................................
............................................................................................................................
NILAI : .......................(.......................)
No Komponen Penilaian Nilai (0-100) Bobot Penilaian Nilai Akhir
1. Bimbingan penyusunan laporan* 20 %
2 Nilai Lapangan 40 %
3 Nilai Ujian 40 %
Total
Bengkulu, .................................. 2013
Ketua Tim Penguji, Anggota Tim Penguji,
(..................................................) (.........................................)
NIP. .......................................... NIP. ...................................
Lampiran 5. Format Laporan Magang
LEMBAR PENGESAHAN
Judul : ditulis dengan huruf kapital
Oleh
Nama Mahasiswa
NIM: ……………
Laporan ini disusun berdasarkan hasil Praktek Lapang/Magang yang dilaksanakan selama 60 hari dan telah dipertahankan di depan dewan penguji pada tanggal.......bulan.................tahun............
Dosen Pembimbing Lapang/ Dosen Undangan/
Penguji Penguji
(................................) (..........................................)
NIP. ............................... NIP. .......................................
Mengetahui: Dosen Pembimbing Magang/
Ketua Jurusan Budidaya Pertanian Penguji
(......................................................) (…………………...........................…………)
NIP. NIP.
Lampiran 6. Sampul Lapopran Praktek Lapang/Magang
COVER LAPORAN PRAKTEK LAPANG/MAGANG
Judul : Ditulis dengan huruf kapital lengkap dengan lokasi magang
Oleh:
Nama Mahasiswa
NIM: …………..
Logo Universitas Bengkulu
PROGRAM STUDI AGROEKOTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BENGKULU
TAHUN
Lampiran 7. Format Isi Laporan Praktek Lapang/Magang
ISI LAPORAN PRAKTEK LAPANG/MAGANG
Halaman Pengesahan
Ringkasan
Kata pengantar
Daftar Isi
Daftar Gambar
Daftar Tabel
Daftar Lampiran
I. Pendahuluan
a. Latar Belakang
b. Tujuan
c. Manfaat
II. Gambaran Umum Tempat Magang
a. Sejarah Perusahaan
Latar belakang berdirinya perusahaan
Tujuan perusahaan
Visi dan Misi perusahaan
b. Struktur Organisasi
c. Sistem manajemen produksi
d. Sistem tata kelola tenaga kerja
III. Analisis Permasalahan
IV. Metode Magang
a. Waktu dan tempat
b. Tahapan pelakasanaan
c. Mekanisme pelaksanaan
V. Hasil Magang/Praktek Magang
VI. Kesimpulan dan Saran
Daftar Pustaka
Ucapan terima kasih kepada instansi/perusahaan
Catatan:
1. Laporan diketik dengan menggunakan huruf Time New Roman, ukuran 12.
2. Menggunakan ukuran spasi 1.5
3. Ukuran kertas A4
4. Laporan disampul (jilid langsung, tidak pakai isolasi) dengan kertas Buffalo warna kuning.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar